Kegiatan Pendukung/Program Non-Reguler

Deskripsi Singkat

Program non-reguler ialah program Pendidikan AIK yang diselenggarakan dalam bentuk pelatihan keterampilan membaca dan menulis huruf al-Qur’an (yang sebelumnya akan mendapatkan kelas dari hasil placement test), kajian, dan pembentukan karakter. Tujuan program non-reguler untuk memberikan kecakapan, memperluas wawasan keilmuan dan memberikan penguatan aspek spiritual mahasiswa. Bentuk program non-reguler ialah:

  1. Kajian Ahad Subuh (KAS).
    Kajian Subuh adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mulai jam 03.00-04.45 (sampai sesudah kuliah subuh), dimulai dengan shalat Subuh berjamaah dan ceramah sesudah shalat berjamaah (20-30 meneit). Tujuan kuliah Subuh ialah memberikan penguatan spiritual melalui praktik ibadah shalat Subuh berjamaah dan ceramah keagamaan dengan materi-materi yang sesuai dengan tujuan Kuliah Subuh. Pelaksanaan Kuliah Subuh diatur oleh Bagian Pengajaran AIK bekerjasama dengan BPM, termasuk jadwal pelaksanaan dan materinya.

    Setiap mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan AIK (baik itu P2KK/AIK-1, AIK-2, AIK-3 dan AIK-4), wajib mengikuti kegiatan Kajian Ahad Subuh (KAS) sebagai syarat untuk di keluarkannya nilai AIK. Jika mahasiswa tidak mengikut kegiatan KAS tersebut, maka nilai AIK (1/P2KK, 2, 3, & 4) tidak akan di keluarkan di infokhs mahasiswa, atau bisa jadi grade nilainya oleh pihak AIK di turunkan menjadi D/E/X, berikut informasinya:

    ⏩Klik Link ini: KAJIAN AHAD SUBUH
    ⏩Secara otomatis akan masuk ke aplikasi chat WhatsApp AIK.
    ⏩Pada tampilan chat, ketik "kas" (tanpa tanda petik) kemudian kirim.
    ⏩Anda akan mendapatkan detail informasi yang berhubungan dengan KAS.
     
  2. Placement Test
    Placement Test adalah proses awal untuk menentukan kelas AIK bagi mahasiswa baru (MABA), yang terdiri dari tiga tingkatan yaitu: mubtadiin: dasar, mutawassithin: menengah, mutaqaddimin: atas/lanjutan. Jika tidak mengikuti Placement Test, maka secara otomatis oleh pihak AIK akan di masukkan ke kelas dasar/mubtadiin dimana kelas ini wajib mengikuti kegiatan Bimbingan SLQ selama 13 kali pertemuan untuk mendapatkan sertifikat SLQ.
    Dari hasil placement test juga menjadi landasan awal untuk mahasiswa mengikuti kegiatan "Semarak Literasi Al-Qur'an (SLQ)"

    Informasi Jadwal Pelaksanaan Placement Test bisa di lihat di: Placement Test Maba 2019 atau bisa konfirmasi lewat nomor whatsapp: WA SLQ
     
  3. Semarak Literasi Al-Qur'an (SLQ)
    Program ini disediakan khusus bagi mahasiswa muslim yang belum terampil membaca  huruf Qur’an. Mereka harus mengikuti bimbingan  SLQ minimal 13 kali pertemuan dalam satu semester dan setelah program bimbingan selesai dan dinyatakan lulus berhak mendapatkansertifikat.  Bagi mahasiswa yang sudah terampil SLQ dan  mengikuti tes SLQ yang diselenggarakan lembaga yang ditunjuk  berhak mendapatkan sertifikat dan selanjutnya mengikuti kuliah tanpa harus mengikuti program SLQ.

    Program Semarak Literasi al-Qur'an (SLQ) dengan tim khusus yang berkantor di Masjid AR-Fachruddin lantai 1 sebelah barat Bank Jatim. Kegiatan ini merupakan program yang berdasarkan surat keputusan rektor nomor: 293/SK-PMABA-UMM/IX/2014 yang mengharuskan mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah AIK-2 mengikuti kegiatan tersebut sehingga bisa mendapatkan sertifikat, yang digunakan saat mendaftar KKN, Ujian Skripsi serta penambahan skor pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Berikut informasinya:

    ⏩Klik Link ini: SEMARAK LITERASI AL-QUR'AN
    ⏩Secara otomatis akan masuk ke aplikasi chat WhatsApp AIK.
    ⏩Pada tampilan chat, ketik "slq" (tanpa tanda petik) kemudian kirim.
    ⏩Anda akan mendapatkan detail informasi yang berhubungan dengan SLQ.
     
  4. P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan)
    P2KK merupakan program pembentukan karakter mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika UMM. Program ini adalah kawah candradimuka bagi mahasiswa yang di dalamnya berisi materi-materi pelatihan tentang ; keislaman, keimanan, tata-cara ibadah, kemuhammadiyahan, dan pembentukan karakter pribadi mahasiswa. Begitu pentingnya program ini maka wajib bagi mahasiswa untuk menempuhnya tanpa bisa diwakilkan. Selama program berlangsung mahasiswa dikarantina selama satu pekan penuh, dengan disediakan asrama khusus yang telah diatur segala keperluan dan akomodasi yang berkaitan dengan program ini. 
         
    Demi efektifitas dan efisiensi program maka sistem kurikulumnya disesuaikan dengan kurikulum AIK 1. Bagi mahasiswa yang sudah menempuh P2KK berarti sudah menyelesaikan mata kuliah AIK 1 dan berhak atas sertifikat yang menjadi prasyarat menuju matakuliah selanjutnya. Program ini memiliki rancangan materi, organisasi, waktu, dan tempat yang diatur tersendiri. Berikut layanan informasi terkait P2KK:

    🌐Website: P2KK

    📌Instagram

    🛋Kantor: UPT. P2KK UMM