AIK & MKDU
Universitas Muhammadiyah Malang
AIK & MKDU
Universitas Muhammadiyah Malang

Visi dan Misi

Visi dan Misi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK)


Visi  Pendidikan  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK)   UMM  adalah :

  1. Memberikan dasar-dasar ketrampilan keagamaan sebagai modal utama dalam melaksanakan dakwah di masyarakat .
  2. Memberikan kerangka moral bagi perilaku keseharian mahasiswa  baik di kampus dan diluar kampus.
  3. Memberikan frame /paradigma bagi mahasiswa dalam mengembangkan wacana keilmuan.
  4. Memberikan pemahaman bahwa Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan berdimensi dakwah dan tajdid ( dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid).


Misi  Pendidikan  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan  (AIK)  UMM adalah :

  1. Mencerdaskan mahasiswa dalam menganalisa dan memahami ajaran Islam sehingga mampu menangkap substansi dari ajaran Islam (hakekat ajaran Islam) yang bersifat transendental, untuk mengantarkan mahasiswa agar kelak menjadi intelektual muslim (Ulil Albab), yaitu manusia yang berfikir cerdas, obyektif, murni, dan sistematis.
  2. Menumbuhkan dan memperkuat keyakinan mahasiswa akan kebenaran ajaran Islam baik yang berkaitan dengan keyakinan/aqidah, maupun yang berkaitan dengan syari’ah (ibadah, akhlaq, mu’amalah). Sehingga mampu mendorong mahasiswa untuk selalu mengikatkan diri dengan ajaran Islam dalam segala aspek kehidupannya, tekun beribadah karena menyadari akan pentingnya beribadah bagi kehidupan dunia dan akhirat, serta berakhlaqul karimah, dan  ada semangat untuk berjuang fi sabilillah menegakkan syari’at Islam dalam kehidupan.
  3. Memperhalus dan mempertajam rasa syukur atau hati nurani mahasiswa agar memiliki kehalusan budi pekerti /akhlaqul karimah.
  4. Menyadarkan mahasiswa akan eksistensi dirinya sebagai hamba Allah yang diserahi tugas kekhalifahan di muka bumi, untuk memakmurkan dan mengelola alam semesta bagi kepentingan kehidupan sesuai dengan amanat Allah yang berupa agama Islam.
  5. Memadukan antara keislaman dengan keilmuan dan antara keilmuan dengan keislaman, bahwa belajar ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dalam kerangka belajar keislaman, dan belajar al-Islam adalah dalam kerangka belajar keilmuan.
  6. Menanamkan pemahaman pada mahasiswa bahwa  muhammadiyah adalah gerakan Islam yang menjalankan dakwah dan tajdid melalui organisasi/ persyarikatan yang selalu dinamis dan berkemajuan, sehingga dengan   kesadaran penuh ikut mendukung, bersimpati dan berpartisipasi dalam  gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah, bukan malah memusuhi atau sebagai parasit /benalu di dalam persyarikatan Muhammadiyah.

 

Shared: